Kunjungan Kerja Pj. Bupati Bolmut ke Kementerian Keuangan: Koordinasi Dana dan Penguatan Pelaporan Keuangan Daerah

RedZona BOLMUT – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara, Dr. Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah serta Kepala Dinas Kesehatan, melaksanakan kunjungan kerja ke Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI. Agenda utama kunjungan ini adalah koordinasi terkait beberapa isu penting, yaitu:

  1. Dana Alokasi Umum (DAU) SG.
  2. Penambahan Dana Bagi Hasil dan Kurang Bayar untuk Bidang Pendidikan.
  3. Penambahan Dana Bagi Hasil dan Kurang Bayar untuk Bidang Perpustakaan.
  4. Status Anggaran Program INPRES Pembangunan Jalan Daerah.

Pertemuan dilaksanakan di Ruang Meeting Gedung Radius Prawiryo, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan RI. Pj. Bupati beserta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diterima langsung oleh Ketua Tim Pengelola DAU/DAK Fisik/DAK Non Fisik/Dana Bagi Hasil.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Tim menyampaikan beberapa informasi terkait sumber dana tersebut. Rapat koordinasi ini menghasilkan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengenai data dukung yang harus dilengkapi, yaitu:

  1. Laporan progres pengelolaan dana DAU/DAK
  2. Pembaruan data kependudukan terutama ASN/THL yang bertugas di Kabupaten Bolmut yang belum memiliki data kependudukan di Kabupaten Bolmut.
  3. Laporan realisasi anggaran triwulan pertama DAU/DAK yang segera dilaporkan.
  4. Usulan proses transfer anggaran untuk dana P3K yang wajib diajukan oleh daerah ke Kementerian Keuangan RI.

Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian RI, melalui Ketua Tim, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas pemenuhan data dan pelaporan yang sudah memenuhi syarat salur untuk tahap II. Laporan triwulan I telah memenuhi syarat transfer TW II untuk bidang PUTR dan non fisik kesehatan. Selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara segera melakukan pembaruan data dan pelaporan bidang lainnya untuk mempercepat proses verifikasi dan transfer anggaran ke daerah.

Di akhir koordinasi, Pj. Bupati Bolaang Mongondow Utara menyampaikan terima kasih kepada DJPK Kementerian Keuangan RI yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *